Rabu, 28 Mei 2008

Spektrum Frekuensi Dan Lebar-Jalur

Spektrum frekuensi suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang di kandung oleh isyarat. Sebagai contoh, terdapat suatu isyarat lengan persamaan sin (21.f 1 t))+ 1/3 sin(2..(3f 1)t)

Spektrum frekuensi isyarat ini meliputi f 1,hingga 3 f 1, .
Berkaitan dengan spektrum frekuensi, terdapat istilah, lebar-jalur (bandwidth), lebar-jalur suatu isyarat menyatakan lebar spektrum frekuensi. Dengan demikian lebar-jalur digunakan pada transmisi digital sangat terbatas. Tentu saja lebar-jalur yang di gunakan berpengaruh terhadap kualitas isyarat digital. Sebagai ilustrasi, gambar berikut memperlihatkan hubungan antara lebar-jalur dan kualitas isyarat digital.

Lebar-jalur berperan dalam hal mempengaruhi laju data. Namun, hal penting yang perlu di ketahui adalah bahwa dalam prakteknya penggunaan lebar jalur yang besar akan meningkatkan biaya.

Itulah sebabnya dengan alasan masalah ekonomis dan praktis, informasi digital di deteksi dengan isyarat yang berlebar jalur terbatas. Namun, di sisi lain, pembatasan lebar jalur membawa dampak terciptanya distorsi. distorsi ini membuat tugas untuk menerjemahkan isyarat yang diterima menjadi sulit dan sebagai akibatnya data lambat di terima.


Tidak ada komentar:


Kembali lagi ke atas