Rabu, 28 Mei 2008

Manfaat dan Peranan Jaringan

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

 Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

 Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

 Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

 Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

 Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.


Peranan telekomunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga di sebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tidak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online karena kehadirannya.

Sejauh ini teknologi komunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi antara lain
a. ATM (anjungan tunai mandiri)
b. Telekonferensi
c. Telecommuting
d. Komputasi group kerja
e. EDI (electronik data interchange)

Perbankan internet, belanja secara elektronik dan pembelajaran jarak jauh merupakan contoh lain yang tercipta karena adanya sarana komunikasi.Berbagai peralatan informasi yang miliki kemampuan untuk mengakses informasi melalui sarana telekomunikasi juga telah tercipta; misalnya internet TV, yaitu peralatan yang memungkinkan televisi dapat di gunakan untuk mengakses internet.

a. ATM
ATM telah menjadi mesin yang umum dijumpai di Indonesia. Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang. Dengan alat ini, pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.
ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine; di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

b. Telekonferensi
Telekonfrensi, atau juga dikenal dengan sebutan vidiokonferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dengan bertatap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet. Vidiokonferensi mudah sekali untuk diaplikasikan. Masing-masing pihak yang hendak berkomunikasi dengan kamera yang dinamakan webcam.

c. Telecommuning
Telecommuning berarti bekerja yang di lakukan tidak di dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mula, umum di lakukan di kantor (misalnya wartawan yang sedang memburu berita) atau pada jenis pemberitaan yang tidak memerlukan orang untuk datang ke kantor (misalnya pemrogram, yang membuat komputer).

d. Komputasi Group Kerja
komputasi group kerja atau juga dinamakan komputasi kolaboratif adalaha group pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Teknologi seperti ini umum digunakan oleh pihak manajemen perusahaan untuk melakukan rapat virtual (rapat yang diadakan dengan masing-masing pihak berada dalam ruangan terpisah) guna melakukan pengambilan keputusan. Hal seperti ini mudah direalisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan groupwear (misalnya lotus notes dan MS Netmeting)

e. EDI
EDI (electronik data interchange) merupakan suatu sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang telah memiliki sistem informasi.


Tidak ada komentar:


Kembali lagi ke atas